Cara atasi mata lelah ketika di depan komputer

Cobalah tips berikut ini untuk meringankan sakit mata karena layar monitor:
Istirahatkan mata
Sepanjang waktu kerja, berikan mata untuk istirahat sebentar dengan memfokus pada sesuatu selain layar monitor. Angkat jari telunjuk dan tempatkan beberapa sentimeter dari wajah. Fokuskan pandangan pada jari lalu perlahan-lahan pindahkan jari itu menjauh beberapa sentimeter. Kemudian, fokuskan pada sesuatu yang lebih jauh dan kembali ke fokus ke jari. Secara perlahan kembalikan jari ke posisi beberapa sentimeter di depan wajah. Lalu pindahkan fokus ke objek jauh dan tetap berfokus ke sana selama beberapa saat. Ulangi hal ini sebanyak tiga kali sepanjang waktu kerja.
Ubah kebiasaan
Berdiri dan bergerak menjauh dari meja kerja paling tidak beberapa jam sekali. Jika memungkinkan, rebahkan bahu pada sandaran kursi dan tutup mata selama beberapa saat. Paling tidak berikan istirahat sekitar lima menit setiap jam.
Berkedip
Ini berguna untuk menyegarkan mata. Biasanya orang berkedip lebih jarang saat bekerja di depan layar monitor. Akibatnya, sering terjadi kasus mata kering karena bekerja terlalu lama di depan komputer. Dengan berkedip maka akan terjadi produksi airmata, sehingga bisa membantu melembabkan mata.
Lakukan rileksasi
Ringankan otot tegang dengan latihan rileksasi ini. Letakkan siku pada meja kerja, sedangkan telapak tangan menghadap ke atas. Biarkan beban jatuh ke depan dan kepala jatuh ke tangan. Posisikan kepala sehingga alis berada di dasar telapak tangan dengan jari menjulur ke dahi. Tutup mata dan tarik napas melalui hidung. Tahan napas selama beberapa waktu lalu buanglah napas. Lanjutkan pernapasan dalam ini sekitar 15 sampai 30 menit.

http://dunianadia.wordpress.com/2010/11/12/tips-untuk-mengurangi-mata-lelah-akibat-komputer/