Lebih dari 10.000 Komputer Bersistem XP Disusupi Hacker

Pengguna komputer bersistem Windows XP perlu berhati-hati dengan cacat yang ditemukan di sistem tersebut (CVE-2010-1885). Seorang ahli di Google menemukan cacat tersebut bulan lalu namun Microsoft mengatakan bahwa perlu peneliti untuk menguji lubang keamanan tersebut.

Lubang tersebut terdapat di aplikasi Windows Help and Support Center yang disertakan di Windows XP. Para penyerang memanfaatkan beragam cara untuk mengobok-obok komputer korban, kebanyakan adalah memanfaatkan Trojans. Daftar trojan yang berpotensi menyerang Windows Xp ada di sini.

Menurut Microsoft, lebih dari 10.000 unit diperkirakan telah terserang virus dan spyware akibat adanya lubang di XP tersebut. Serangan terjadi di 20 negara dengan jumlah terbanyak di Portugal dan Russia. Menurut security advisory di laman Microsoft untuk CVE-2010-1885, sistem yang rentan terkena serangan adalah Windows XP SP2 and SP3, Windows XP Professional x64 SP2, Windows Server 2003 SP2, Windows Server 2003 x64 SP2, dan Windows Server 2003 with SP2 untuk sistem berbasis Itanium. Microsoft menambahkan bahwa Windows Server 2003 cukup aman terhadap serangan dari luar.

Saat ini Microsoft belum mengeluarkan patch untuk menambal lubang keamanan tersebut. Pengguna Xp dapat memanfaatkan Fix-It tool untuk mematikan Help Center. Anda juga bisa menghapus HPC secara manual, penjelasan detail ada di halaman Security Advisory.